Bromo Dan Tretes: Tempat Wisata Di Pasuruan Jawa Timur

Kabupaten Pasuruan adalah salah satu kabupaten yang terletak di Provinsi Jawa Timur. Kabupaten tersebut dihuni sekitar 1,4 juta penduduk dengan luas wilayahnya hampir mencapai 1.500 km persegi. Selain kabupaten, ada kota Pasuruan yang letaknya di sebelah utara kabupatennya yaitu yang berbatasan dengan Selat Madura. Kabupaten Pasuruan adalah salah satu kabupaten yang memiliki tempat wisata yang sering dikunjungi oleh para wisatawan baik dari luar maupun dalam negeri. 10 tempat wisata di Pasuruan yang sering dikunjungi adalah Pantai Lekok, Candi Jawi, Pemandian Alam Banyu Biru, Candi Gunung Gangsir, Danau Ranau Grati, Panorama Gunung Bromo, Taman Safari Indonesia II, Air Terjun Coban Baung, Masjid Cheng Ho, dan Kawasan Tretes.

Dari beberapa tempat wisata di Pasuruan tersebut, Gunung Bromo dan Kawasan Tretes adalah dua tempat favorit yang sering dikunjungi oleh para wisatawan asing maupun dalam negeri. Kedua obyek wisata Pasuruan ini memang memiliki keindahan yang alami dan kesejukan mata saat memandangnya. Berikut akan diperjelas lagi tentang indahnya dari panorama Gunung Bromo serta eksotiknya dari Kawasan Tretes.

Panorama Bromo sebagai Tempat Wisata Di Pasuruan

Gunung Bromo : tempat wisata di pasuruan yang terkenal

Keindahan pemandangan dari Gunung Bromo memang tidak akan pernah ada matinya. Tempat paling favorit dalam penanjakkannya, untuk melihat terbitnya sang matahari serta menikmati udara yang sejuk dan segar serta pemandangan laut pasir yang luasnya tidak terbatas. Ketinggian dari gunung bromo ini mencapai 3.676 m dpl dengan suhu kedinginannya 5'C hingga 8' C. Selain menikmati indahnya panorama dari bromo, anda juga bisa menikmati sensasi suasana dengan bertemu langsung masyarakat dari suku Tengger. Suku yang beragama hindu tersebut masih memegang adat istiadat yang diberikan oleh nenek moyang mereka. Ibadah yang dilakukan di punden-punden, dan Yadna Kasada adalah upacara sakral yang sering mereka lakukan di Poten dan Kawah Gunung Bromo dengan harapan akan diberikannya keselamatan dan kebahagiaan. Mereka bekerja sebagai petani sayur-sayuran. Katanya, mereka adalah keturunan dari prajurit Majapahit, yang terdesak akibat dari perkembangan Islam di akhir abad ke-13. Akan tetapi mereka tetap bertahan dengan kebudayaan yang telah diberikan oleh nenek moyang mereka.

Kawasan Tretes Sebagai Tempat Wisata Di Pasuruan

Kawasan ini terletak di kaki gunung Arjuna dan gunung Welireng dengan kondisi cuacanya yang sejuk dan dingin. Ini merupakan salah satu obyek wisata Pasuruan yang paling banyak diminati dan dikunjungi oleh para wisatawan. Tempat yang strategis dengan jarak yang ditempuh hanya sekitar 1 jam dari kota Pasuruan dan 45 menit dari Kota Surabaya. Saat berkunjung di kawasan ini, pengunjung bisa berjalan-jalan dan mengunjungi air terjun kakek bodo yang berada di kaki gunung Arjuna. Air terjun ini memiliki suasana alam yang sejuk dengan ketinggian 40 m yang disekelilingi oleh hutan pinus. Di tempat tersebut juga tersedia akan wahana seperti kolam renang, taman rekreasi, penginapan homestay, dan bunga hias.

Kedua tempat wisata di Pasuruan tersebut memang tidak kalah indahnya dibandingkan dengan wisata-wisata yang ada di kabupaten lainnya di Provinsi Jawa Timur. Selain tempat-tempat pariwisata, Pasuruan juga terkenal sebagai pabrik pertanian dan perindustrian.

0 komentar:

Posting Komentar