Info tempat wisata di indonesia seperti tempat wisata di bandung, bogor, jogja, jakarta, malang dll meliputi wisata kuliner, alam, sejarah, taman bermain

Tempat Wisata di Jawa terbaik bagi wisatawan

Jawa adalah pulau di Indonesia yang memiliki penduduk terpadat dengan dihuni oleh 60% penduduk Indonesia. Menurut data statistic kependudukan, pulau jawa berpenduduk 141 juta jiwa. Dengan jumlah penduduk yang besar dan luas wilayah 128.297 km2 menjadikan pulau jawa sebagai salah satu wilayah terpadat di dunia. Hal ini pula yang menjadi pendukung pulau jawa menjadi pulau yang memiliki perkembangan dari segi fasilitas pendidikan, ekonomi, perdagangan, industry, kebudayaan hingga wisata cukup pesat dan variatif. Tempat wisata di Jawa variatif dan menarik mulai dari obyek wisata buatan hingga wisata alam yang mempesona pandangan mata.

Berdasarkan pembagian territorial dan letak geografis, pulau jawa terbagi menjadi 6 provinsi, yakni Banten, DKI Jakarta, DI Yogyakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur. Kesemua provinsi tersebut tentu memiliki wisata-wisata andalan tersendiri yang diunggulkan. Berikut beberapa tempat wisata di Jawa berdasarkan tiap-tiap propinsi:

Candi Borobudur : tempat wisata di jawa yang paling terkenal
  1. DKI Jakarta terdapat Kebun Monas, Kebun Binatang Ragunan, Museum Gajah, Taman Impian Jaya Ancol, Museum Fatahilah, Pulau Seribu, Museum Wayang, Museum Satria Mandala, Museum Bahari, Museum Perangko, Taman Mini Indonesia Indah, Museum Tekstil, Museum Seni Rupa dan Keramik, Museum Adam Malik, Museum Taman Prasasti, Museum Pelita Harapan, pusat-pusat perbelanjaan (Mal-mal, ITC)
  2. Jawa Barat terdapat Amazing Water World Mekarsari, Air Terjun Curug Cimahi, Pantai Pangandaran, Kebun Raya Cibodas, Danau Kawah Putih, Situ Patengan, Pantai Pelabuhan Ratu, Taman Wisata Mekarsari, Curug Cimahi, Gunung Patuha, Gunung Galunggung, Pantai Karang Hawu, Gunung Tangkuban Perahu, Observatorium Bosscha, Kebun Raya Bogor, dan lain sebaginya.
  3. Jawa Tengah terdapat Borobudur, Astana Girilayu, Agrowisata Tambi, Astana Mangadeg, Dataran Tinggi Dieng, Girimanik, Gua Galijar, Gua Ngantap, Bukit Cinta, Ketep Pass, Pantai Randusanga, Rawa Penig Salatiga, Guci Indah, Kebun Binatang Jurug, Tawangmangu, Agrowisata Tuntang, Wisata Bahari Mororsari, Museum Fosil Sangiran, Agrowisata Salib Putih, Agrowisata Kaligua, Agrowisata Kopeng, Atlantik Dream, Dunia Vektor dan Arrowhead.
  4. Yogyakarta terdapat Prsambanan, Kaliurang, Gua Selarong, Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat, Pasar Bringharjo, Museum Dirgantara, Gua Cerme, Taman Sari, Kasongan, Imogiri, dan pantai-pantai di Gunung Kidul, Parang Teritis.
  5. Jawa Timur terdapat Bromo,Air Terjun Madakaripura, Sengkaling, Batu Screet Zoo, Gua Maharani, Istana Gebang, Taman Nasional Tengger Semeru, Pulau Sempu, Pulau Mandangin Sampang, Kebun Raya Purwodadi, Jatim Park, Musem Satwa, Air Terjun Seweru, Pantai Siring Kemuning, Kusuma Agrowisata, Pantai Balakembang, Pantai Popoh, Pantai Camplong, Pemandian Banyu Biru, Cangar, Taman Hutan Rakyat R. Soerjo, Grape, Taman Rekreasi Umbul, Wisata Bahari Lamongan, Gua Ngerong, Makan para sunan, Taman wisata Wana Bhakti, Kebun Teh Wonosari dan waduk-waduk. 
  6. Banten terdapat Taman Nasional Ujung Kulon. Wisata di pulau jawa memiliki ciri khas tersendiri sesuai dengan pengembangan dan letak geografis propinsi tersebut. DKI Jakarta dengan wahana bermain buatan, museum dan mal-mal besarnya. Jawa Barat dengan wisata gunung serta pantai juga dengan paris van javanya. Jawa Tengah dengan wisata alam, gua, gunung, pantai dan borobudurnya. Jawa Timur dengan geografis dataran tinggi menjadikan wisata batu, agrowisata dan gunung menarik namun tetap dengan pulau dan wisata baharinya. Yogyakarta dengan kota budaya tetapi didukung pula dengan pantai, kaliurang dan candi prambanan. Banten sebagai propinsi kembangan Jakarta dengan industry, budaya dan taman nasional ujung kulonnya. 

Nah, demikian tempat wisata di Jawa dengan ciri khas di tiap-tiap propinsinya. Variasi tempat wisata yang dimiliki tidak terlepas dari letak geografis dan pengembangan propinsi tersebut. Semoga dapat menambah referensi tempat wisata bagi Anda dan keluarga Anda.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Tempat Wisata di Jawa terbaik bagi wisatawan

0 komentar:

Post a Comment