Wisata Bersejarah Dan Berbudaya: Tempat wisata di madiun

Jika ditinjau dari pemerintahannya, kabupaten Madiun berdiri pada tanggal 18 Juli 1568. Kabupaten Madiun dulunya bernama Purabaya. Akan tetapi pada tanggal 16 November 1590, nama Purabaya di ganti menjadi Madiun untuk peringatan pernikahan dari Raden Ayu Retni Djumilah dengan Sutawidjaja. Di kabupaten Madiun, terdapat banyak sekali objek wisata yang memiliki nilai budaya dan sejarah, serta tempat hiburan, rekreasi dan obyek wisata buatan. Beberapa tempat wisata di Madiun diantaranya adalah

Monument Kresek : tempat wisata di madiun bernilai sejarah
  1. Wana Wisata garpe
  2. Waduk bening widas
  3. Makan dan masjid Kuno Taman
  4. Monument Kresek
  5. Makan dan Masjid Kuno Kuncen
  6. Taman rekreasi Umbul
  7. Masjid Kuno Sewulan
  8. Air Terjun krecekan Denu
  9. Air Terjun Serondo
  10. Waduk Notopuro
  11. Peninggalan Situs Ngalambangan
  12. Waduk Kedungbrubus
  13. Alun-alun Madiun
  14. Dumilah Park
  15. Dungus
  16. Waduk Dawuhan
  17. Piranha Swimming Club
Tempat wisata di Madiun tersebut memiliki obyek tempat wisata buatan, serta budaya dan sejarah yang dijadikan obyek hiburan dan rekreasi, dan juga sebagai pendukung dari suatu kegiatan maupun even yang diadakan oleh para wisatawan. Wisata tersebut terbagi menjadi 2 obyek yaitu wisata budaya dan sejarah, dan tempat hiburan, rekreasi dan obyek wisata.

Tempat Wisata Di Madiun Sebagai Tempat Sejarah Dan Budaya

Jika ditilik dari sejarahnya, Madiun memiliki banyak bangunan bersejarah peninggalan di masa lalunya. Misalnya peninggalan pada masa di jajah oleh Belanda di antaranya Balai Kota Madiun yang sekarang digunakan sebagai Kantor Pemerintahan madiun, Eks Kantor Residen yang sekarang dimanfaatkan untuk kantor Bakorwil Madiun, PG Rejo Agung, Stasiun KA, dan Bousbow. Selain itu juga terdapat budaya dan arsitektur yang kuno seperti Masjid dan Makam Kuno Taman, Masjid dan Makam Kuno Kuncen, dan Masjid besar Kota Madiun. Taman ramai dan Makam Kuncen di waktu tertentu dijadikan sebagai obyek tempat tujuan ziarah para wisatawan. Semua bangunan tersebut adalah saksi sejarah Kota Madiun saat di lawan dan dijajah oleh bangsa Belanda. 

Tempat Wisata Di Madiun sebagai Tempat Rekreasi, Hiburan dan Obyek Wisata Buatan

Alun-alun Madiun Square, Dumilah Park, Taman Bantaran adalah obyek wisata buatan dari Kota Madiun. Alun-alun square terletak di pusat kota, banyak orang datang dan berkunjung untuk melakukan olahraga, berkumpul dengan teman maupun keluarga, bersantai, jalan-jalan ataupun sekedar cuci mata. Banyak pedagang kaki lima yang menjual makanan, minuman serta souvenir dari kota tersebut. Dumilah Park, obyek wisata buatan yang terdapat di kota Madiun tepatnya di jalan Slamet Riyadi. Wahana permainan anak serta waterboom dengan sebuah kolam renang yang sangat luas, dijadikan tempat wisata yang menyenangkan bagi anak-anak dan keluarga. Taman Babaran, tempat terbuka yang berada di Kota Madiun. Terletak di tepi sungai Kota Madiun. Dijadikan tempat wisata yang memiliki pemandangan yang indah dan menarik dengan background sungai madiun yang besar yang mengalir sepanjang tahun. Tempat yang luas dan bisa digunakan sebagai tempat bermain, berteduh dan bersantai ria, memancing untuk pengunjung yang memiliki hobi terseubut.

Itulah tempat-tempat wisata di Madiun yang sering dikunjungi oleh para wisatawan. Dan masih banyak lagi tempat lainnya yang bisa dikunjungi dan tentunya juga memiliki nilai keindahan sendiri baik dalam bangunan maupun nilai sejarah yang terkandung didalamnya. Semoga nama-nama obyek tersebut bisa dijadikan wacana bagi para pembaca untuk mengenal kembali sangat berkunjung ke obyek wisata di Kota Madiun, Jawa Timur.

0 komentar:

Posting Komentar