Info tempat wisata di indonesia seperti tempat wisata di bandung, bogor, jogja, jakarta, malang dll meliputi wisata kuliner, alam, sejarah, taman bermain

Keraton Yogyakarta - Pusat kebudayaan di Jogja

Keraton Yogyakarta atau yang dulunya disebut sebagai "Keraton Kasultanan Ngayogyakarta Hadiningrat" adalah pusat dari kebudayaan Jawa yang terdapat di daerah Istimewa yogyakarta. Selain menjadi tempat tinggal Raja beserta keluarganya, tempat ini juga dijadikan sebagai kiblat perkembangan dari budaya Jawa serta sebagai penjaga kemurnian kebudayaan Jawa itu sendiri. di sini para pengunjung yang datang dapat melihat secara langsung sekaligus belajar mengenai cara melestarikan budaya Jawa sampai saat sekarang ini. tempat ini dibangun oleh Pangeran Mangkubumi di tahun 1755, bertepatan dengan beberapa bulan setelah ditandatanganinya perjanjian Giyanti. Meskipun telah berusia ratusan tahun, bangunan ini tetap terawat sehingga bisa berdiri dengan kokoh hingga saat sekarang ini.

Asal Mula Kata Keraton Yogyakarta


Keraton Yogyakarta - tempat wisata sejarah di jogja

Yang dimaksud keraton sendiri adalah sebuah tempat bersemayam ratu-ratu. Asal mula kata keraton yakni berasal dari kata “Ka + Ratu + an = Keraton. Atau bisa juga disebut Kedaton yakni “Ke + Datu + an = kedaton yang artinya tempat dati-datu atau ratu-ratu. Dalam bahas Indonesianya disebut juga sebagai istana. Dari beberapa penjelasan tersebut dapat ditarik sebuah kesimpulan bahwa keraton adalah sebuah istana, tetapi istana sendiri tak lantas disebut dengan keraton. Keraton sendiri merupakan sebuah istana yang memiliki arti keagamaan, arti filsafat, serta arti kebudayaan (Kulturil).

Banyak sekali hal yang bisa dilihat di Keraton Yogyakarta ini, mulai dari aktivitas para abdi dalem maupun koleksi barang-barang antik dan bersejarah yang dimiliki oleh Keraton. Diantara beberapa koleksi tersebut adalah barang pecah belah yang terbuat dari keramik, foto, Senjata, miniatur dan juga replika, bahkan aneka jenis batik serta alat pembuatannya juga dapat anda lihat di sini. Selain itu para pengunjung juga bisa menyaksikan berbagai seni pertunjukkan yang digelar dengan jadwal yang berbeda-beda untuk setiap harinya seperti pertunjukan wayang golek, wayang kulit, macapat, maupun tari-tarian tradisional.

Pintu Masuk Menuju Kraton Yogyakarta

Berkunjung ke tempat ini akan memberikan pengalaman yang luar bisa mengesankan. Kraton ini sendiri menjadi pusat yang menghubungkan antara pantai parangtritis dengan Gunung Merapi. Ada dua pintu masuk yang digunakan sebagai akses keluar masuk pengunjung yakni di tepas keprajuritan dan di tepas pariwisata. Untuk akses pintu masuk pertama terdapat Bangsal pagelaran dan Siti Hinggil, serta beberapa koleksi kereta yang dimiliki oleh keraton. Sedang di pintu masuk ke dua anda akan melihat komplek Sri Manganti dan Kedhaton, serta Bangsal kencono yang merupakan balairung utama kerajaan.

Nah, demikianlah beberapa penjelasan singkat yang bisa kami sampaikan sehubungan dengan segala informasi mengenai Kraton Yogyakarta. Semoga apa yang telah kami sampaikan bisa menambah wawasan. Selanjutnya simaklah beraneka wisata di jogja yang membuat betah para wisatawan

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Keraton Yogyakarta - Pusat kebudayaan di Jogja

0 komentar:

Post a Comment