Info tempat wisata di indonesia seperti tempat wisata di bandung, bogor, jogja, jakarta, malang dll meliputi wisata kuliner, alam, sejarah, taman bermain

Masjid Agung Jawa Tengah, Termegah Se Indonesia

Masjid agung jawa tengah merupakan masjid yang paling megah di indonesia. masjid ini di dirikan tahun 2001 dan rampung dikerjakan tahun 2006. Masjid ini merupakan masjid yang memiliki komplek bangunan seluas 7.669 meter persegi. Masjid agung ini terletak di semarang jawa tengah tepatnya di desa sambirejo kecamatan gayamsari semarang.  Masjid ini diresmikan oleh presiden susilo bambang yudhoyono tahun 2006. Hingga kini masjid agung ini tak hanya sebagai sarana beribadah tetapi juga sebagai objek wisata.

Sekilas Mengenai Masjid Agung Jawa Tengah


Masjid Agung Jawa tengah - Tempat wisata di semarang

Masjid agung termegah di jawa tengah ini tak hanya merupakan sarana beribadah. Masjid menjadi sebuah sarana objek wisata yang terpadu untuk penelitian, pendidikan, dan pusat dakwah islam. Arsitektur masjid agung ini merupakan perpaduan dari arsitektur arab, roma dan jawa. Ciri masing-masing arsitektur terlihat pada ornamen yang khas digunakan pada masjid. Misalnya tiang masjid yang menggunakan motif tumpal pada batik, kawung dan parang parangan tentu menjadi simbol arsitektur jawa. Tak hanya itu hiasan kaligrafi semakin menegaskan masjid ini berarsitektur  timur tengah.

Masjid agung jawa tengah memiliki bangunan lain selain bangunan utama masjid. Terdapat auditorium, hotel, dan ruang pertemuan yang bisa menampung hingga dua ribu orang.  auditorium biasanya digunakan untuk acara pertemuan, pernikahan dan seminar. Sedang di sayap bagian kiri bangunan utama terdapat perpustakaan. tak hanya itu masjid agung ini memiliki enam payung hidrolik di halaman yang bisa membuka dan menutup secara otomatis. Halaman masjid ini bisa menampung jamaah hingga sepuluh ribu orang.

Selain MAJT ini, terdapat juga bangunan megah yang terkenal di semarang yaitu lawang sewu

Keistimewaan Masjid Agung Jawa Tengah

Keistimewaan dari masjid agung jawa tengah adalah adanya menara al husna atau sering disebut dengan al husna tower. Menara ini tingginya hingga 99 meter dan berada di pojok barat daya masjid. Fasilitas yang ada di puncak menara ini adalah teropong pandang. Pengunjung bisa menikmati pemandangan kota semarang dengan menggunakan teropong tersebut. Melalui teropong pengunjung bisa menikmati pemandangan pelabuhan tanjung emas dengan kapalnya yang hilir mudik. Menara ini dibuat untuk melambangkan kekuasaan allah.

Masjid agung jawa tengah tak hanya menawarkan kemegahan serta keindahan arsitekturnya. Masjid ini juga memiliki koleksi semacam museum peradaban islam yang cukup lengkap. Dokumentasi yang dapat dilihat di masjid ini adalah dokumentasi model pembelajaran di pesantren, naskah kuno, kumpulan kitab hingga miniatur masjid. Tak hanya itu di masjid ini juga terdapat alquran raksasa yang  ditulis dengan menggunakan tangan. Penulisnya adalah seorang kaligrafer dari wonosobo jawa tengah yaitu H. Hayatudin. Selain alquran raksasa, terdapat juga replika beduk yang di buat oleh santri dari pesantren al falah banyumas jawa barat. Selanjutnya simaklah aneka tempat wisata di semarang menarik lainnya

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Masjid Agung Jawa Tengah, Termegah Se Indonesia

0 komentar:

Post a Comment