Info tempat wisata di indonesia seperti tempat wisata di bandung, bogor, jogja, jakarta, malang dll meliputi wisata kuliner, alam, sejarah, taman bermain

Mengenal Berbagai Jenis Satwa Di Kebun Binatang Gembira Loka

Kebun Binatang Gembira Loka merupakan kebun binatang yang terletak di Daerah Istimewa Yogyakarta. Kebun binatang ini berisi berbagai macam spesies binatang yang di datangkan dari berbagai belahan dunia seperti Orang utan, harimau, Gajah asia, simapanse,Komodo, Pinguin, dan masih banyak lagi yang lainnya. Kebun binatang ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para warga masyarakat Jogja dan juga sekitarnya. Meskipun sempat mengalami kerusakan yang cukup parah akibat gempa bumi yang terjadi di jogja pada tahun 2006 silam, akan tetapi setelah dilakukan renovasi kebun binatang ini semakin banyak dikunjungi oleh para wisatawan.

Asal Kata kebun Binatang Gembira Loka


Kebun Binatang Gembira Loka - tempat wisata di jogja

Asal kata dari gembira loka sendiri berasal dari kata gembira dan loka. Gembira artinya bahagia, sedangkan Loka berarti sebuah tempat. Dengan demikian artinya adalah sebuah tempat yang penuh dengan kegembiraan. Pada awalnya kebun binatang ini bermula dari pengembangan Bonraja yang merupakan tempat pemeliharaan satwa kelangenan raja menjadi sebuah kebun binatang yang dapat dinikmati oleh semua kalangan masyarakat. Pada waktu itu Sri Sultan Hamengkubuwono IX yang telah merealisasikan hal tersebut dengan mendirikan sebuah kebun binatang yang dinamakan gembira loka di atas lahan sebesar 20 ha yang setengahnya merupakan hutan lindung.

Di dalam kebun binatang gembira loka terdapat lebih dari 100 spesies satwa dan 61 spesies tumbuh-tumbuhan. Kebun binatang ini sendiri terletak di sekitar aliran sungai gajah Wong. Untuk dapat sampai di tempat ini tidak terlalu sulit, perjalanan bisa ditempuh dengan menggunakan angkutan kota maupun kendaraan pribadi. Kebun binatang ini memiliki koleksi hewan yang lumayan lengkap, bahkan menurut kabar yang beredar pengelola setempat telah menjalin kerjasama dengan Singapore Zoo terkait dengan pertukaran Satwa yaitu pinguin Jackass. Berbagai upaya telah dilakukan oleh pengelola setempat untuk memberikan kenyamanan bagi para pengunjung seperti penyediaan sarana umum, kantin, tempat sampah, tempat istirahat, tempat ibadah, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Simak juga kebun binatang ragunan di jakarta selatan yang memiliki aneka jenis spesies hewan

Upaya Perbaikan Yang Dilakukan Oleh Pihak Kebun Binatang Gembira Loka

Selain melakukan upaya perbaikan dibidang fasilitas umum, pihak kebun binatang gembira loka juga tak henti-hentinya melakukan upaya perbaikan dalam sistem perawatan satwanya. Baik dari segi makanan dan juga segi tempat tinggal/ kandang. Hal ini dibuktikan dengan semakin bertambahnya koleksi satwa yang terdapat di sana. entah itu dari kelahiran maupun dari penambahan satwa dari luar. Pada tahun 2012 lalu pihak pengelola setempat bahkan menambahkan sebuah Taman Burung dan Juga Taman Reptil/ Amfibi sebagai upaya untuk menarik minat para pengunjung.

Demikianlah informasi singkat yang bisa kami sampaikan mengenai Kebun binatang gembira loka. Semoga informasi-informasi yang telah kami sampaikan bisa menambah sedikit wawasan. Selanjutnya simaklah tempat wisata di jogja yang menjadi banyak pengunjung saat liburan tiba

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Mengenal Berbagai Jenis Satwa Di Kebun Binatang Gembira Loka

0 komentar:

Post a Comment