Info tempat wisata di indonesia seperti tempat wisata di bandung, bogor, jogja, jakarta, malang dll meliputi wisata kuliner, alam, sejarah, taman bermain

Tempat Wisata Di Gresik Jawa Timur Yang Popular

Gresik merupakan salah satu kabupaten yang masuk kedalam provinsi jawa timur. Kabupaten ini berbatasan dengan kota Surabaya, mojokerto, sidoarjo, lamongan, Laut jawa dan selat Madura. Gresik merupakan kabupaten yang termasuk kedalam dataran rendah. Oleh karena itu disini banyak sekali wisata pantai yang indah. Gresik merupakan pusat kota pelabuhan di pulau jawa sejak abad ke-11. Selain itu kabupaten gresik juga menjadi kota pertama yang membawa islam masuk ke jawa. Pada saat itu ajaran islam dibawa oleh Syekh Maulana Maliq Ibrahim. Berikut beberapa tempat wisata di gresik yang sangat popular.

Pulau Bawean : Tempat Wisata Alam di Gresik

Pulau bawean di gresik merupakan salah satu tempat wisata yang sangat popular. Disini terdapat rusa bawean yang merupakan binatang endemic dari pulau ini. Disini anda juga bisa menikmati keindahan bawah laut yang tidak kalah dengan wisata bawah laut di wakatobi maupun taman bawah laut bunaken. Terumbu karang disini sangatlah bagus sekali. Masih banyak penyu yang berenang dengan bebas dan ikan-ikan yang sangat cantik sekali. Di pulau bawean juga terdapat tempat wisata yang menarik lainnya. seperti pulau gili, pulau noko, danau kastoba, tanjung gaang dan juga penangkaran rusa bawean. Tempat ini wajib untuk anda kunjungi, terutama untuk anda yang sangat suka dengan wisata alam yang masih alami

Makam Sunan Giri : Tempat Wisata Islami di Gresik

Di gresik memang salah satu kabupaten yang menjadi pintu gerbang masuknya islam ke jawa. Maka dari itu tidak salah banyak tempat wisata di gresik yang mempunyai unsur islami. Disini banyak sekali makam dari para wali yang menyebarkan agama islam salah satunya makam sunan giri. Sunan giri merupakan salah satu wali songo yang menyebarkan agama islam di jawa. Selain itu beliau juga yang membangun dinasti giri kedaton. Disamping makan sunan giri terdapat makam sunan dalem atau zaenal abidin yang merupakan anak pertama sunan giri. Jika anda ingin mengunjungi tempat ini jangan mendekati bulan puasa, karena antrian untuk masuk kesini pasti panjang sekali.

Masjid Malik Ibrahin : Wisata gresik bernilai Sejarah

Seperti yang sudah dijelaskan tadi, gresik memang banyak sekali tempat wisata yang mempunyai sejarah mengenai islam. Selain makan sunan giri, di gresik juga terdapat masjid malik Ibrahim. Sunan malik Ibrahim atau sunan gresik atau syekh maulana malik Ibrahim merupakan salah satu dari wali songo yang pertama kali mengajarkan islam di gresik. Masjid ini merupakan salah satu peninggalan terakhir dari beliau. Selain itu di gresik juga masih terdapat masjid agung gresik dan ada juga masjid sunan giri.

Gresik memang banyak sekali menyimpan tempat wisata yang menarik. Dari wisata alam yang mempesona dan juga wisata sejarah yang sangat banyak sekali. Jika ingin menikmati wisata alam pergilah ke utara kota gresik dan menuju ke daerah pulau bawean, disana anda akan menemukan pulau dan pantai yang sangat indah. Di gresik juga terdapat petilasan sunan kalijaga yang sangat terkenal dan memiliki banyak misteri didalamnya. Sekian artikel tentang tempat wisata di gresik. Semoga dapat menjadi referensi anda untuk berlibur.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Tempat Wisata Di Gresik Jawa Timur Yang Popular

0 komentar:

Post a Comment