Inilah Tempat Wisata Di Boyolali Yang Paling Menarik

Kota boyolali merupakan kabupaten di daerah surakarta. Boyolali terletak di daerah yang berbatasan dengan grobogan dibagian utara, surakarta di bagian timur, selatan berbatasan dengan klaten serta magelang. Bagian barat boyolali berbatasan dengan semarang. Tipologi alam boyolali merupakan dataran rendah serta perbukitan. Bagian barat boyolali dibatasi dengan puncak gunung merapi sedang bagian utara berbatasan dengan pegunungan kendeng. Kota boyolali menyimpan pesona wisata alam yang sangat beragam. Berikut ulasan tempat wisata di boyolali yang patut anda kunjungi.

Tempat Wisata Di Boyolali Untuk Wisata Alam

Wisata alam di boyolali yang menyegarkan

Boyolali menyimpan banyak sekali potensi wisata alam. Wisata alam yang terkenal di boyolali adalah daerah selo yang merupakan daerah untuk memulai perjalanan atau transit base camp pertama bagi pendakian untuk jalur merapi dan merbabu. Daerah selo ini sangat familiar bagi para pendaki  yang hendak mendaki gunung merapi atau merbabu. Biasanya untuk pendakian menuju merapi jika melewati jalur selo pendakian bisa ditempuh kira kira lima jam perjalanan. Di daerah selo juga terdapat fasilitas pemandian air panas serta penginapan yang bisa digunakan oleh para pendaki ataupun umum.

Daerah selo merupakan Tempat wisata di boyolali yang menyuguhkan panorama alam daerah pertanian yang sangat subur. Disini kita bisa menemui berbagai jenis sayuran serta jajanan khas daerah selo. Desa lencoh dan samiran merupakan desa di kawasan selo yang telah dibangun menjadi desa wisata. Disana anda bisa mencicipi wisata kuliner tradisional khas selo yaitu jadah tempe bacem bakar dan srundeng ditemani dengan pemandangan alam yang indah dan sangat sejuk. Selain berbagai macam jadah serta pemandangan alam yang indah dikawasan selo ini anda juga bisa menyaksikan pertunjukan kesenian tradisional seperti tari prajuritan, tari topeng, dan tari turenggo seto.

Wisata  Seni Budaya Kota Boyolali

Kota boyolali juga menyimpan banyak wisata seni dan budaya. wisata seni budaya di boyolali banyak di warnai oleh wisata ziarah. Makam yang terkenal dan banyak diziarahi adalah makam ki ageng kebo kenanga. Makam ini merupakan makam keturunan raja majapahit yang hingga kini banyak di ziarahi. Makam ki ageng kobo kenanga terletak di dukuh malang kecamatan banyudono. Selain makam ku ageng kebo kenangan ada juga makam ki ageng singoprono. Makam ki ageng singoprono ini terletak dipuncak bukit yang harus ditempuh melalui perjalanan menaiki ratusan anak tangga.

Tempat wisata di boyolali lainnya yang cukup terkenal adalah daerah pengging. Daerah ini merupakan daerah yang bersejarah di boyolali. Daerah ini memiliki hubungan dengan kerajaan surakarta hadiningrat. Letak desa pengging kurang lebih 15 km dari pusat kota boyolali. Selain menawarkan pemandangan alam yang indah daerah ini merupakan daerah yang dijadikan pemandian oleh para raja raja majapahit kuno. Kawasan pengging juga masih bernuansa bangunan bangunan kuno.

0 komentar:

Posting Komentar