Info tempat wisata di indonesia seperti tempat wisata di bandung, bogor, jogja, jakarta, malang dll meliputi wisata kuliner, alam, sejarah, taman bermain

Tempat Wisata Unik Di Toraja yang banyak dikagumi

Jika kita berkunjung ke provinsi Sulawesi selatan maka kita wajib hukumnya untuk mengunjungi kabupaten tanah Toraja. Tanah Toraja terkenal dengan berbagai macam wisata budaya yang sangat beragam dengan adanya suku asli yang masih memegang adat istiadat serta tradisi di tanah setempat. Tempat wisata di Toraja ada beragam. Namun yang akan dibahas di bawah ini adalah wisata yang berkaitan dengan wisata budaya dan tradisi yang berkaitan dengan tanah Toraja. Bahkan sudah mahsyur tradisi serta budayanya hingga ke luar negeri.

Tempat Wisata Budaya Di Toraja


Tongkonan - Tempat wisata di toraja

Jika kita berkunjung ke desa adat di Toraja maka kita akan menemukan rumah-rumah adat tradisional yang disebut Tongkonan. Rumah tersebut sudah ada sejak lama dan menjadi ikon tersendiri di tanah Toraja. Tongkonan terbuat merupakan rumah dengan ujung yang panjang ke asa. Rumah ini terbuat dari atap bambu yang bersusun rapi, namun seiring perkembangan zaman kini susunan bambu diganti dengan seng karena seng lebih murah dan mudah diperoleh. Sekarang pun penyangga dari kayu atau bambu sudah diganti dengan cor-coran untuk semakin memperkuat bangunan Tongkonan ini. Fungsi Tongkonan cukup beragam.

Kedua, tempat wisata di Toraja yang sarat dengan unsur budaya bahkan mistik ada salah satu bukit batu yang digunakan untuk memakamkan atau menyimpan mayat mayat keluarga Toraja dengan bersusun-susun sesuai dengan silsilah keluarga. Terletak di desa Sendan Uai dan hanya 5 km saja jaraknya dari tanah Toraja. Tempat itu disebut Londa. Rasakan sensasi mistik dan kengerian tersendiri ketika berkunjung ke tempat itu. Namun anda juga bisa belajar akan nilai budaya serta kuatnya tradisi penduduk suku Toraja dalam melakukan tradisi yang sudah lama mereka ikuti hingga berapa waktu terakhir ini. Walaupun sudah banyak warga Toraja yang memlih memeluk agama dan meninggalkan budayanya namun masih ada yang juga melestarikan budaya pemakaman tersebut.

Tempat Wisata  Desa Di Toraja

Jika anda berkunjung ke Toraja anda juga bisa mengunjungi Ita desa Toraja yang disebut kete isu yang merupakan Permana tongkonan yang terdiri dari banyak perumahan tongkonan dengan beragam model dikelilingi oleh batuan megalith yang indah serta memukau. Sungguh luar biasa jika anda berkunjung ke desa ini untuk sekar mampir atau mungkin menginap di tongkonan milik warga desa. Warga desa sangatlah senang dengan menerima tamu dari luar jika hendak berkunjung untuk menginap di desa Anda dapat berkunjung ke berbagai tempat wisata di Toraja dengan beragam keunikan tradisi adat istiadat dan tentunya budayanya yang masih kental dilakukan oleh generasinya saat ini. Semoga saja akan tetap dilestarikan kedepannya oleh kita. Setelah ini simak juga beragam tempat wisata di sulawesi utara yang menarik

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Tempat Wisata Unik Di Toraja yang banyak dikagumi

0 komentar:

Post a Comment