15 Tempat Wisata di Aceh, Mana yang Harus Dikunjungi?

Posted on

Selain Bali, Papua ataupun pulau Jawa, anda dapat mendatangi daerah lain di Indonesia untuk berlibur. Salah satu tempat yang dimaksud adalah Aceh. Di Aceh terdapat banyak tempat wisata yang beragam, baik tempat wisata alam maupun museum-museum bersejarah. Namun karena banyaknya tempat wisata di Aceh, mungkin anda kebingungan untuk menentukan tempat yang akan dikunjungi. Karena setiap tempat wisata disana memiliki keindahan dan keunikan masing-masing.

Aceh adalah daerah terujung Indonesia yang memiliki keindahan alam luar biasa dan banyak belum dijamah. Karenanya untuk anda yang ingin mencari inspirasi sebaiknya mendatangi Aceh dalam waktu yang panjang. Tempat wisata mana saja yang dapat dikunjungi Aceh? Anda harus menentukannya sebelum mendatangi Aceh. Jika belum, pilihlah beberapa tempat wisata di bawah ini untuk dikunjungi saat sudah di Aceh.

Pilihan Tempat Wisata di Aceh, Manakah yang Harus Dikunjungi?

Karena memiliki banyak kekayaan alam dan tempat wisata, inilah beberapa tempat yang dapat anda kunjungi. Karena jika tak kesana, liburan ke Aceh terasa tidak sah. Berikut ulasannya,

1. Masjid Baiturrahman

Masjid Baiturrahman
Masjid Baiturrahman

Salah satu masjid yang terkenal di Aceh adalah masjid baiturrahman. Masjid ini sangat terkenal dan telah menjadi tempat wisata religi bagi turis domestik maupun mancanegara. Uniknya, masjid ini sempat menjadi saksi bisu atas terjadinya tsunami Aceh beberapa waktu lalu. Saat ini, masjid ini semakin menyenangkan dengan kolam besar dan pancuran air untuk tempat berfoto.

2. Museum Cut Nyak Dien

Museum Cut Nyak Dien
Museum Cut Nyak Dien

Tempat wisata bersejarah lain yang dapat dikunjungi adalah mendatangi museum cut nyak dien. Anda yang berkunjung kesini dapat melihat berbagai informasi tentang cut nyak dien. Selain itu, terdapat rumah yang merupakan replika dari rumah asli cut nyak dien. Untuk pelengkapnya jangan lupa gunakan kamera untuk mengabadikan setiap keindahannya.

3. Kuta Malaka Waterfall

Kuta Malaka Waterfall
Kuta Malaka Waterfall

Untuk yang senang dengan air dan ingin beredam didalamnya, sebaiknya mendatangi kuta malaka waterfall. Di sini pengunjung dapat beredam dan mandi sambil menikmati pemandangan. Namun untuk sampai kesana, anda harus berhati-hati. Karena treck yang harus dilewati cukup terjal dan licin. Karenanya disarankan untuk menggunakan sepatu gunung.

4. Tugu Nol Kilometer

Tugu Nol Kilometer
Tugu Nol Kilometer

Satu tempat lain yang tidak boleh anda lewatkan adalah tugu nol kilometer. Karena disinilah pengunjung dapat melihat titik nol kilometer Indonesia, sebaiknya gunakan kamera untuk berfoto. Selain berfoto, tempat ini banyak digunakan untuk menikmati pemandangan sambil mengonsumsi teh atau kopi dan melepaskan penat bersama keluarga.

5. Pria Laot Waterfall

Pria Laot Waterfall
Pria Laot Waterfall

Berbeda dari tempat yang lain, inilah ciri khas dari waterfall pria laot. Karena air terjun ini memiliki tingkatan-tingkatan yang menarik jika diabadikan. Untuk yang ingin beredam dapat memanfaatkan kolam air yang tersedia tepat dibawah tetesan air terjun. Fasilitas di tempat ini tergolong lengkap, seperti tempat ibadah dan warung makan untuk beristirahan karena penat.

6. Pantai Kuala Merisi

Pantai Kuala Merisi
Pantai Kuala Merisi

Pantai adalah tempat wisata yang sangat sayang dilewatkan jika anda ke Aceh. Karena pandati di Aceh memiliki keindahan seperti pantai-pantai di Bali. Salah satu pantai yang dimaksud adalah pantai Kuala Merisi. Airnya yang biru dan pasir putihnya menjadi pilihan tepat untuk berfoto bersama keluarga. Selain itu, banyak aktivitas menyenangkan yang dapat dilakukan di sini.

7. Benteng Iskandar Muda

Benteng Iskandar Muda
Benteng Iskandar Muda

Nama Iskandar Muda mungkin sudah tidak asing lagi didengar, karena nama ini merupakan seorang pangeran di Aceh. Benteng ini menyediakan pemandangan uni, karena dilengkapi dengan dua buah sumur. Kedua sumur ini dinaungi bangunan dengan bentuk kubah. Sehingga cocok untuk diabadikan dan mengisi laman media sosial anda.

8. Goa Putri Pukes

Goa Putri Pukes
Goa Putri Pukes

Jika bosan dengan tempat-tempat di atas, anda dapat menjadi tempat ini sebagai pilihan. Tempat wisata di Aceh ini cukup terkenal, karena memiliki dongeng yang hingga kini diceritakan ke anak-anak. Goa putri pukes adalah nama tempat wisata yang dimaksud. Untuk memasuki tempat wisata ini, anda akan dikenakan biaya. Karenanya siapkanlah uang kecil sebelumnya.

9. Seulawah Agam Mountain

Seulawah Agam Mountain
Seulawah Agam Mountain

Senang menikmati keindahan alam melalui ketinggian? Anda dapat menikmatinya melalui seulawah agam. Di sini tersedia banyak flora dan fauna yang dapat diabadikan dan dinikmati keberadaannya. Namun sangat disarankan untuk mendatangi tempat ini tanpa menganggu keberadaan hewan dan tanaman yang ada. Sehingga kelestarian tempat ini tetap terjaga.

10. Pulau Weh

Taman bawah laut Pulau Weh
Taman bawah laut Pulau Weh

Tidak kalah dengan Bunaken, Aceh juga menyediakan tempat untuk menikmati keindahan alam bawah laut. Tempat yang dimaksud adalah Pulau Weh yang memiliki keindahan alam luar biasa. Disini anda dapat mengabadikannya dengan kamera anti air dan memberikan makanan pada ikan-ikan sekitar. Dan tidak perlu khawatir, karena fasilitas wisata disini sudah cukup lengkap.

11. Tsunami Museum

Musium Tsunami Aceh
Tsunami Museum

Selain memberikan duka, Tsunami yang terjadi di Aceh memberikan suka untuk penduduk setempat. Karena akhirnya Aceh menjadi daerah yang terkenal dan memberikan pemasukan tambahan untuk penduduk setempat. Keberadaan museum ini membantu untuk mereka yang tidak mengetahui keadaan Aceh saat terkena tsunami dan turut mengenang korban bencana.

12. Danau Laut Air Tawar

Danau Laut Air Tawar
Danau Laut Air Tawar

Dapat dikatakan sama seperti Danau Toba di Sumatera Utara, danau ini berada didataran tinggi Gayo. Dari dataran tinggi ini, pengunjung dapat menikmati keindahan alam dan mengabdikannya. Jika ingin lebih dekat, anda dapat mendatangi kota Takengon. Setelahnya tanyakanlah pada penduduk setempat tentang letak tepat danau ini.

13. Taman Hutan Pocut Meurah

Taman Hutan Pocut Meurah
Taman Hutan Pocut Meurah

Walaupun dikatakan sebagai taman, tempat ini lebih cocok dikatakan sebagai hutan. Karena luasnya sangat besar, yaitu sebesar 6300ha. Didalamnya tersedia beraneka ragam fasilitas, seperti pemandian air panas, camping ground hingga rumah pohon. Karenanya tempat ini banyak dijadikan pilihan untuk berwisata bersama keluarga ataupun rekan-rekan kantor.

14. Pulau Batee

Pulau Batee
Pulau Batee

Aceh adalah tempat terbaik untuk menikmati pulau-pulau kecil yang ada di Indonesia. Salah satu pulau yang direkomendasikan untuk dikunjungi adalah mendatangi Pulau Batee. Pulau Batee memiliki keindahan alam dan pantai yang menakjubkan. Untuk mendatangi tempat ini pun tidak terlalu sulit, karena anda hanya perlu menyebrang selama 20 menit dan pulau siap dinikmati.

15. Tempat wisata di Aceh: Goa Sarang

Goa Sarang di aceh
Goa Sarang di aceh

Untuk yang berjiwa petualang, tempat ini tidak boleh anda lewatkan. Karena untuk mencapai tempat ini membutuhkan perjuangan lebih dibandingkan tempat wisata lain. Selain itu, setelah tiba ditempat ini pengunjung akan menikmati pengalaman dengan menaiki perahu kedalam goa. Selama menaiki perahu, pengunjung dapat menikmati keindahan air disekitar gor yang jernih.

Jika memiliki waktu yang panjang di Aceh, tidak ada salahnya untuk mendatangi semua tempat wisata ini. Namun jika tidak, sebaiknya pilihlah tempat wisata di Aceh yang benar-benar ingin dikunjungi. Serta siapkan pula dana dalam bentuk pecahan kecil, sehingga memudahkan dalam perjalanan. Karena tidak semua tempat wisata menyediakan penukaran uang ataupun mesin ATM.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *