Rekomendasi Tempat Wisata di Ungaran untuk Refreshing

Posted on

Siapa yang tidak tahu tempat wisata di Ungaran? Indonesia yang kaya akan kepulauan tentu kaya akan tempat wisata pula, salah satunya yang mempunyai daya tarik wisata yang mempesona dengan panaorama alamnya adalah Ungaran di Semarang. Bagi anda yang senang berburu spot foto yang bagus untuk instagram, maka Ungaran bisa menjadi salah satu rekomendasi yang bisa anda kunjungi.

Di Ungaran sendiri terdapat banyak sekali wisata mulai dari wisata alam sampai dengan wisata hiburan atau permainan, sehingga anda bisa memilih sesuai dengan keinginan. Beberapa rekomendasi tempat wisata di Ungaran yang dapat dijadikan sebagai refreshing akan diulas di dalam artikel ini.

Rekomendasi Tempat Wisata di Ungaran untuk Refreshing

Bagi anda yang sudah penat dengan hiruk pikuk kota besar, anda bisa memilih Ungaran sebagai sasaran refreshing ketika liburan. Berikut ini beberapa rekomendasi tempat wisata di Ungaran yang dapat anda kunjungi.

1. Vanaprastha Park

Vanaprastha Park
Vanaprastha Park

Vanaprastha Park menjadi salah satu kawasan di kompleks Candi Gedong Songo, yang mana didalamnya terdapat sebuah rumah kayu yang umurnya sudah satu abad lebih. Rumah ini memiliki arsitektur yang unik, dimana rumah tersebut sudah dibangun semnejak jaman penjajahan Belanda.

Di dalam Vanaprastha Park terdapat sebuah taman yang cocok untuk refreshing dan relaksasi, anda bisa merasakan suasana alam yang asri, alami, dan sejuk. Hal menarik lain yang dapat menarik pengunjung adalah banyaknya pepohonan rimbun dan tanamannya yang hijau, anda bisa mengunjungi taman ini dengan gratis.

2. Candi Gedong Songo

Candi Gedong Songo
Candi Gedong Songo

Salah satu tempat wisata di Ungaran yang mengajarkan sejarah adalah Candi Gedong Songo, dimana candi ini merupakan peninggalan dari umat Hindu di abad kesembilan dengan jumlah 9 bangunan utama dari candi. Selain wisata candi, anda juga bisa menikmati pemandian air panas yang letaknya di Desa Candi.

Bagi anda yang ingin menginap, disediakan pula arena berkemah dengan pemandangan alam yang murni dan asri. Terdapat pula arena yang luas untuk pacuan kuda, sehingga anda bisa memanfaatkannya untuk mencoba berkuda sambil memacu adrenalin. Tiket masuk ke candi Gedong Songo ini hanya Rp 6.000 per orang, sedangkan jam operasionalnya mulai dari pukul 06.00 sampai 17.00 WIB.

3. Bukit Lerep Indah

Bukit Lerep Indah
Bukit Lerep Indah

Apabila anda tertarik untuk mengunjungi wisata air, maka Bukit Lerep Indah bisa menjadi salah satu pilihan. Anda bisa menikmati kolam renang yang unik dari biasanya, dimana air yang digunakan berasal dari air pegunungan dari lereng Gunung Ungaran dan bukan air PDAM atau air tanah.

Tentu anda akan merasakan air yang sejuk dan menyegarkan, sehingga anda bisa menjernihkan pikiran dengan bermain air ini. Terdapat 3 kolam renang yang mana kedalamannya beragam sesuai usia pengunjung, anda juga bisa menikmati kuliner-kuliner khas Jawa Tengah di sini. Kolam renang ini buka setiap hari pada pukul 08.00 sampai 17.00 WIB, sedangkan tiket masuknya sangat terjangkau yaitu hanya Rp 7.000 perorangnya.

4. Gunung Ungaran

Gunung Ungaran
Gunung Ungaran

Jika mendaki menjadi salah satu cara anda untuk menjernihkan pikiran, maka Gunung Ungaran bisa menjadi salah satu tempat wisata di Ungaran yang dapat anda kunjungi. Gungung ini tidak mempunyai aktifitas vulkanik yang berbahaya, sehingga seringkali banyak pengunjung yang berkemah disini atau sekedar mendakinya.

Namun gunung ini tetap mempunyai aktifitas panas bumi, hal ini dikarenakan didalamnya masih ada sumber mata air panas. Pendaki juga bisa menemukan berbagai air terjun yang masih alami, tentu anda akan menemukan pemandangan yang sangat indah ketika berada di puncaknya. Wisata ini dibuka setiap hari, anda juga tidak perlu membayar untuk masuk atau gratis.

5. Bumi Perkemahan Efrata

Bumi Perkemahan Efrata
Bumi Perkemahan Efrata

Anda juga bisa mengisi waktu liburan dengan berkemah di Bumi Perkemahan Efrata, dimana perkemahan ini berada di Desa Wisata Keji yang merupakan salah satu tempat camping yang ideal. Selain tempat camping, wisata ini juga menyediakan villa dan resort yang bisa disesuaikan dengan permintaan dari pengunjung.

Bahkan wisata perkemahan ini juga menyediakan peralatan-peralatan camping yang diperlukan secara lengkap, sehingga anda tidak perlu khawatir jika tidak mempunyainya. Perkemahan ini buka mulai dari senin sampai dengan sabtu pukul 07.00 sampai 16.00 WIB, sedangkan biayanya sesuai dengan paket yang dipilih pengunjung.

6. Umbul Sidomukti

Umbul Sidomukti
Umbul Sidomukti

Umbul Sidomukti merupakan salah satu tempat wisata di Ungaran yang memadukan antara wisata alam pegunungan dengan wisata rekreasi buatan, dimana banyak wahana yang ditawarkan di sini baik untuk anak-anak sampai dengan dewasa. Salah satu wahana yang diandalkan adalah flying fox, dimana panjangnya skeitar 110 cm yang membuat pengunjung terbang dari satu bukit ke bukit lainnya.

Selain itu, pemandangan alam yang ada di wisata ini juga dapat memanjakan mata anda dengan suasananya yang asri dan teduh. Wisata ini buka setiap hari, dimana tarifnya sekitar Rp 5.000 untuk hari senin sampai jumat dna Rp 10.000 untuk hari sabtu, minggu, dan hari-hari libur lainnya.

7. Waduk Rawa Pening

Waduk Rawa Pening
Waduk Rawa Pening

Waduk Rawa Pening terletak di Ambarawa juga bisa menjadi salah satu pilihan anda untuk berlibur. Waduk ini berada di antara cekungan terendah Gunung Telomoyo, Gunung Merbabu, dan Gunung Ungaran. Air di wisata ini sangatlah bening dan jernih, sehingga waduk ini dinamakan Waduk Rawa Pening. Waduk ini akan semakin terlihat indah ketika sore hari, dimana anda bisa melihat sunset yang cukup jelas. Untuk menikmati wisata ini anda tidak perlu mengeluarkan biaya, waduk ini juga bisa dikunjungi setiap hari.

8. Wisata Watu Gunung

Wisata Watu Gunung
Wisata Watu Gunung

Wisata Watu Gunung merupakan salah satu tempat wisata buatan dengan nuansa asli pegunungan, dimana letaknya berada di sekitar Ungaran di bagian barat. Di sini juga terdapat rumah adat khas dari Jawa Tengah, yaitu rumah Joglo. Anda juga bisa menikmati pemandangan taman yang cukup asri dengan ditumbuhi pepohonan yang rimbun.

Bagian tengahnya terdapat kolam ikan yang dapat digunakan untuk memancing. Anda juga bisa beristirahat di gazebo yang disediakan, sembari menikmati pemandangan sekitar. Tempat wisata di Ungaran ini buka setiap hari mulai pukul 08.00 sampai 16.00 WIB, sedangkan harga tiket masuknya sekitar Rp 10.000 perorangnya.

9. Air Terjun Semirang

Air Terjun Semirang
Air Terjun Semirang

Salah satu wisata di kaki Gunung Ungaran yang dapat digunakan untuk refreshing adalah air terjun Semirang, dimana letak wisata ini berada Ungaran bagian barat. Ketinggian dari curug ini sekitar 45 meter serta memiliki debit air terjun yang deras, sehingga pengunjung yang datang diharapkan untuk berhati-hati. Anda juga bisa menghasilkan foto yang cukup eksotis di air terjun ini, terutama untuk konten instagram. Air terjun ini buka setiap hari, sedangkan tiket masuknya sekitar Rp 3.000 perorangnya.

Selain kesembilan tempat wisata di Ungaran tersebut, masih banyak tempat wisata yang dapat anda kunjungi terutama jika anda menyukai wisata alam seperti air terjun. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *